iklan banner 250x250

Tiga Permohonan Saat Minum Air Zamzam


Doa Minum Air Zamzam:


اللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا واسعا وشفاء من كل داء -رواه الترمذى



“Ya Allah sesungguhnya aku meminta ilmu yang manfaat, dan rizki yang luas, dan penyembuh dari tiap-tiap penyakit.”


Rahasia Makna Tiga Permohonan

Sahabat kaum muslimin sekalian, apakah yang akan anda minta jika diberikan tiga permohonan dan itu akan dikabulkan oleh Allah swt? Barangkali, akan muncul berbagai permohonan yang berbeda antara satu dengan lainnya.  Kalau kita menonton filem Alladin dengan lampu ajaibnya, maka sang jin juga memberikannya tiga permohononan. Alladin pun memilih permohonan pertama keluar dari goa yang memenjarakan dirinya, kedua mengantarkannya ke puteri pujaannya, dan ketiga menghadirkan istana dengan segala isinya.

Berbeda dengan kisah Alladin yang fiktif dan syirik dengan pengharapannya disandarkan kepada bantuan jin, maka saat kita minum air zamzam pengharapan kita adalah hanya kepada Allah swt. Selain itu, disunnahkan kita menghadap kiblat saat meminumnya. Rasulullah pun memberikan contoh pengharapan dan doa yang luar biasa, namun di antara kita belum banyak menyadarinya. Berikut ini tiga permohonan dalam doa minum air zamzam.


Pertama, mohon dikaruniai ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat itu laksana air, bermanfaat untuk apa saja yang menjadi kebutuhan manusia. Lihatlah air zamzam, jutaan umat manusia ikut menikmatinnya. Airnya terus bertambah. Maka, barang siapa yang memiliki ilmu pengetahuan namun hanya merasa cukup untuk dirinya dan apalagi justru digunakan untuk merugikan yang lain, maka dia itu bak menumpuk racun dalam dirinya. Sebab, hal itu justru akan membahayakan dirinya. Lihatlah, berapa kasus orang-orang hebat dan super pintar, namun dalam kehidupannya sangat tragis. Ada yang sebagian tidak mengerti untuk apa dia hidup, merasa terkucil dalam keramaian, atau bahkan justru menjadi aktor intelektual berbagai kejahatan. Rasulullah saw menyebut orang-orang dengan ilmunya justru pelit (tidak bermanfaat), mereka nantinya akan dibelenggu dengan belenggu api neraka. 

Kedua, mohon diberikan rejeki melimpah
Dengan meminum air zamzam, kita dapat memohon kelimpahan rejeki. Namun, saya melihat mengapa permohonan rejeki ini dilekatkan dengan saat minum zamzam? Cobalah tengok, bagaimana begitu melimpahnya air zamzam, tidak hanya sebatas samapai tujuh turunan. Namun juga turun temurun dari generasi ke generasi umat manusia, dari abad ke abad, air zamzam tak berhenti mengalir deras. Namun, mari kita juga tengok sebelum bagaimana air zamzam itu ada. Siti Hajar dengan bayinya Ismail yang menjerit-jerit kehausan. Mereka penuh perjuangan untuk melepas hausnya, dari bukit Shafa dan Bukit Marwa, Hajar terus berlari untuk mencari. Akhirnya, dengan mukjizat Ismail, jejakan kaki mungilnya ke tanah justru membuat tanah itu mengalirkan air zamzam. Konon, kata "zamzam" itu berasal dari ucapan Hajar, "zamzami..zamzami.." yang artinya, berkumpulah..berkumpulah.. Lalu, air zamzam itu pun diraihnya dengan telapak tangannya yang gemetaran. Nah, di sinilah makna yang tersirat dalam doa ini. Allah swt akan memberikan rejeki yang melimpah kepada kita, tetapi dengan syarat syar'iy-nya, bekerjalah dan berikhtiarlah! Lakukan apa yang kita bisa! Pasti! dengan minum air zamzam, Allah akan mengabulkan doa-doa kita, amin.

Ketiga, mohon selalu dalam kesehatan, jauh dari sakit dan bencana

Dari berbagai laporan medis, ternyata air putih merupakan obat yang paling baik bagi semua penyakit yang menimpa tubuh manusia. 
Dan tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam  memang unik karena ia memang bukanlah air mineral, meskipun mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Untuk itu, saya lebih menyebutnya sebagai air mukjizat.
Berdasarkan berbagai penelitian, menunjukkan bahwa betapa besarnya manfaat air zam-zam bagi kesehatan tubuh kita. Selain mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh, zam-zam juga bersifat steril dengan adanya kandungan fluorida yang memiliki sifat antimikroba dalam jumlah yang proporsional serta tidak memberikan dampak meracuni bagi tubuh.
Seorang ulama’ besar yang terkenal dengan sebutan Ibnu Qoyyim juga terapi dengan Air Zam-Zam. Beliau mengatakan:’’Sungguh aku dan yang lain telah mencoba menjadikan air Zam-zam sebagai penyembuh berbagai macam pernyakit aneh, ternyata aku sembuh dan bebas dari bebagai macam penyakit atas izin Allah.”
عن ابن عباس ، رضي الله عنهما ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « ماء زمزم لما شرب له ، فإن شربته تستشفي به شفاك الله (رواه الحاكم)
Artinya:’’ Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, berkata. Nabi Saw menuturkan:’’ Air Zam-zam itu tergantung pada yang mengkonsumsinya. Jika anda minum dengan niatan kesembuhan, maka Allah Swt akan menyembuhkan. (HR AlHakim)


Menjaga kesantunan saat minum air zamzam

Di bawah ini ialah tata cara atau sopan santun ketika mengkonsumsi (minum air surga), sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para ulama’:
1. Mengambil dengan tangan kanan.
2. Menghadap kiblat.
3. Membaca basmalah dan do’a.
4. Cara meminum dengan tanaffus (bernafas) tiga kali.
5. At-tadhallu’ (sampai terasa kenyang).
6. Membaca khamdalah.
7. Berdo’a sesuai dengan hajatnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
/* muamar-kurosaki.com Likebox Pro FBFan Code Start --------- */